Rabu, 21 Oktober 2015

Pengertian dan Fungsi Firewall

Pengertian dan Fungsi Firewall

Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai apa sih Firewall itu dan fungsinya dalam Jaringan Komputer?

Firewall adalah adalah sebuah perangkat lunak yang biasanya terdapat pada sebuah Router yang fungsinya sebagai system keamanan jaringan kita. Jadi, Firewall memfilter jaringan yang lain yang ingin mengambil data dari jaringan kita, Firewall akan memeriksa apakah jaringan tersebut aman atau tidak. Jika tidak, maka Firewall tidak akan mengizinkan komputer tersebut mengakses data yang ada di dalam jaringan kita. Firewall dapat kita setting sesuai dengan kebutuhan jaringan yang akan kita buat.
Berikut adalah contoh jenis-jenis firewall :
  1. Personal Firewall
    Firewall yang dibuat dan didesain sebagai system keamanan untuk melindungi sebuah komputer yang terhubung ke jaringan dari akses yang tidak dikehendaki atau akses dari luar yang berusaha masuk paksa ke dalam jaringan komputer kita. Firewall jenis ini akhir-akhir ini berevolusi menjadi sebuah kumpulan program yang bertujuan untuk mengamankan komputer secara total, dengan ditambahkannya beberapa fitur pengamanan tambahan seperti semacam perangkat proteksi terhadap virus, anti-spyware, anti-spam, anti-malware dan lainnya. Bahkan beberapa produk firewall lainnya dilengkapi dengan fungsi pendeteksian gangguan keamanan jaringan (Intrusion Detection System). Contoh dari firewall jenis ini adalah Microsoft Windows Firewall, Symantec Norton Personal Firewall, Kerio Personal Firewall, ESET Personal Firewall, dll.
  2. Network Firewall
    Firewall yang dibuat dan didesain sebagai system keamanan untuk melindungi jaringan komputer secara keseluruhan dan menyeluruh dari berbagai serangan dari luar yang ingin merusak jaringan kita. Umumnya dijumpai dalam dua bentuk, yakni sebuah perangkat terdedikasi atau sebagai sebuah perangkat lunak yang diinstalasikan dalam sebuah server atau Router pada IP gateway-nya. Contoh dari firewall ini adalah Microsoft Internet Security and Acceleration Server (ISA Server), Cisco PIX, Cisco ASA, IPTables dalam sistem operasi GNU/Linux, PF dalam keluarga sistem operasi Unix BSD, serta SunScreen dari Sun Microsystems, Inc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang Spam, Junk dan sejenisnya!

Ads Inside Post