Rabu, 21 Oktober 2015

Pengertian dan Fungsi Modem

Pengertian dan Fungsi Modem

Dalam Artikel berikut ini saya akan menjelaskan fungsi-fungsi dan pengertian sebuah modem dalam sebuah jaringan komputer.

Modem adalah singkatan dari modulator dan demodulator. Modulator berfungsi untuk melakukan proses menumpangkan data atau informasi pada sinyal informasi ke sinyal pembawa supaya data dan informasi dapat dikirim ke user melalui media tertentu, proses ini biasa disebut dengan proses modulasi. Pada proses ini data dari komputer yang bentuknya adalah sinyal digital akan dirubah ke dalam sinyal analog begitu juga sebaliknya. Sedangkan Demodulator berfungsi untuk proses mendapatkan kembali data atau informasi yang dikirim oleh pengirim atau user. Pada proses ini data akan dipisahkan dari frekuensi tinggi dan data yang berupa sinyal analog akan diubah kembali menjadi sinyal digital agar bisa dibaca oleh komputer. Jadi, kesimpulannya fungsi modem adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk komunikasi secara dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya untuk mengirimkan data atau informasi ke alamat-alamat tertentu yang ingin dituju oleh user. Bisa juga diartikan sebagai penghubung komputer kita dengan jaringan internet.

Berikut adalah Jenis-Jenis Modem yang biasa kita temui :
  1. Modem Internal, merupakan sebuah kartu yang dipasangkan mirip dengan NIC atau LAN Card pada slot motherboard/mainboard. keuntungan modem ini adalah cara pemasangannya mudah dan harganya relatif lebih murah.
  2. Modem Eksternal, adalah modem yang dipasang diluar daripada komputer user, biasanya ditancapkan pada slot USB cukup cepat akan tetapi harganya relatif tinggi.
  3. Modem yang menggunakan media kabel, yaitu sebuah modem yang menggunakan kabel sebagai media perantaranya seperti jaringan telepon dan TV kabel.
  4. Modem tanpa kabel, modem ini menggunakan media tanpa kabel untuk perantaranya seperti modem CDMA dan GSM, sudah menerapkan teknologi Wireless.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang Spam, Junk dan sejenisnya!

Ads Inside Post