Rabu, 21 Oktober 2015

Pengertian dan Fungsi Kabel dalam Jaringan Komputer

Pengertian dan Fungsi Kabel dalam Jaringan Komputer

Pada artikel ini saya akan membahas mengenai kabel dalam jaringan komputer. Kita mungkin sudah mengatahui apa itu kabel, tapi kali ini saya akan membahas kabel seperti apa yang ada dalam jaringan komputer.

Pada dasarnya pengertian kabel hampir sama dengan kabel pada umumnya, tetapi yang membedakan adalah kabel di dalam jaringan berfungsi dan berperan penting dalam pentransmisian data dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Kabel sangat penting karena merupakan suatu komponen mutlak yang harus tersedia dalam membangun sebuah jaringan komputer.

Berikut ini adalah beberapa jenis kabel yang biasa digunakan dalam Jaringan Komputer :
  1. Coaxial, yaitu kabel yang tersusun dengan inti kabel sebuah kawat tembaga yang dilapisi dengan isolator dan konduktor pada bagian luarnya. Tetapi seiring perkembangan zaman Coaxial sudah jarang digunakan dikarenakan kecepatan transmit datanya yang lambat, dan sering sekali terjadi gangguan dengan kabel tersebut.
  2. Twister Pair, yaitu kabel yang tersusun dari beberapa kabel yang saling dililitkan membentuk sebuah spiral, biasanya digunakan kode warna untuk melakukan proses crimping dalam pembuatan kabel jaringan menggunakan kabel yang satu ini. Kabel ini adalah kabel yang paling umum digunakan dalam jaringan komputer, karena kecepatan akses yang cukup cepat dan jarang sekali terjadi gangguan dalam penggunaan kabel ini dalam jaringan. Akan tetapi kabel ini mudah terpengaruh oleh radiasi medan magnet atau voltase yang terlalu tinggi.
  3. Fiber Optic, yaitu kabel jaringan yang bisa dibilang menggunakan teknologi terbaru saat ini. Fiber Optic mengunakan media pecahan kaca sebagai alat pentransmisian data. Jadi data yang dikirim lebih cepat karena menggunakan metode pantulan cahaya pada cermin yang ada dalam Fiber Optic ini. Akan tetapi kabel jenis ini adalah kabel yang cukup mahal karena proses pembuatannya yang cukup rumit dan juga bahan pembuatannya serta biaya instalasi kabel tersebut. Fiber Optic biasa digunakan untuk jaringan Backbone seperti yang dapat kita temukan dalam Jaringan komputer perusahaan-perusahaan besar ataupun departemen pemerintahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang Spam, Junk dan sejenisnya!

Ads Inside Post