Rabu, 21 Oktober 2015

Pengertian dan Fungsi Network Interface Card (NIC)

Pengertian dan Fungsi Network Interface Card (NIC)

Seperti artikel yang pertama saya buat, dalam artikel ini saya akan menjelaskan alat penunjang jaringan komputer yang berikutnya yaitu NIC atau Network Interface Card. Apa itu NIC dan apa Fungsinya sebagai perangkat penunjang dalam Jaringan Komputer?

NIC adalah sebuah perangkat keras penunjang yang ada pada komputer atau laptop kita atau User yang fungsinya untuk menghubungkan komputer kita dengan dengan internet atau dengan jaringan komputer lainnya. Slot NIC berupa slot PCI yang berada dalam motherboard/mainboard komputer kita. NIC adalah kebutuhan mutlak sebuah komputer untuk berkomunikasi satu sama lainnya melalui internet maupun melalui jaringan komputer lainnya.

Seiring perkembangan zaman NIC sudah jarang digunakan terlebih lagi dengan adanya teknologi Near Cable atau yang biasa kita sebut dengan Wireless Fidelity atau disingkat Wi-Fi. Karena banyak perangkat elektronik sudah banyak menggunakan teknologi Wi-Fi ini sedikit menggeser penggunaan NIC.

Di dalam NIC terdapat sebuah alamat permanen yang bernama MAC Address. Yaitu sebuah kode yang tertanam dalam sebuah NIC bertujuan agar perangkat NIC tersebut bisa terbaca oleh komputer atau jika terhubung ke dalam jaringan NIC tersebut juga dapat terbaca jika belum diber IP Address, maka yang akan terbaca adalah MAC Address. NIC menggunakan Port RJ 45 sebagai media untuk kabel UTP.

Berdasarkan pengertian di atas dapat kita simpulkan bahwa Network Card (Kartu Jaringan) berfungsi sebagai penghubung komputer ke dalam jaringan dan juga LAN Card mempunyai Mac Address untuk mengindentifikasi perangkat dalam jaringan. Jadi, setiap LAN Card/Network Card hanya mempunyai 1 Address.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang Spam, Junk dan sejenisnya!

Ads Inside Post