Rabu, 21 Oktober 2015

Pengertian dan Fungsi Switch

Pengertian dan Fungsi Switch

Perangkat penujang jaringan yang kedua adalah Switch. Apa pengertian dan fungsi dari Switch?
Switch adalah sebuah perangkat dalam jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan antar segmen, Switch sebenarnya adalah pengembangan lanjutan dari teknologi Bridge, dulu orang menggunakan Bridge dengan menggunakan teknologi yang berbeda-beda. Sederhananya switch digunakan untuk menghubungkan kabel-kabel UTP dalam jaringan dan membantu mengatur port-port kabel yang saling terhubung (Management Port). Switch juga dapat dihubungan dengan Switch lainnya, tentu saja dengan seperti itu kita juga dapat memperbanyak jumlah Port kabel UTP yang tersedia untuk Jaringan Komputer yang akan kita buat dan tentu saja dapat memperluas lingkup jaringan kita. Bahkan apabila kita melihat berbagai vendor network equipment, Switch dipecah dalam level yang berbeda-beda tergantung dari fungsinya masing-masing seperti :
  1. Core Switch
  2. Aggregation Switch
  3. Access Switch
Switch yang beredar di pasaran ada 2 jenis, yaitu :
  1. Unmanageable Switch, yaitu sebuah switch yang hanya dapat meneruskan sebuah data, karena switch tersebut sudah di setting dari vendor pembuatnya dan kita hanya tinggal memakainya saja tidak perlu lagi men setting. Biasanya harga Unmanageable Switch lebih murah ketimbang dengan Manageabel Switch. Kekurangan dalam switch ini adalah jika terjadi masalah dalam jaringan kita, kita tidak dapat melakukan troubleshooting karena switch ini tidak bisa kita otak-atik karena konfigurasinya sudah permanen.
  2. Manageable Switch, yaitu Switch yang dapat kita atur dan merubah konfigurasinya sesuai yang kita mau atau sesuai kebutuhan jaringan kita. Kelebihan dari Manageable Switch itu sendiri meliputi :
    • Mendukung penyempitan broadcast dalam jaringan menggunakan VLAN(Virtual Local Area Network).
    • Mempermudah pengaturan Access User dengan Access List.
    • Keamanan dalam jaringan lebih terjamin, Karena kita dapat mengatur fungsi tiap-tiap port kabel dalam Switch.
    • Mudah dalam mengontrol traffic, melakukan maintenance jaringan, dan melakukan troubleshooting jika terjadi masalah dalam jaringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang Spam, Junk dan sejenisnya!

Ads Inside Post